Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang

Sepuluh Makanan untuk Tekanan Darah Tinggi

Author : Administrator | Senin, 11 Agustus 2014 11:49 WIB

Ingin menurunkan tekanan darah tapi bingung makan apa? Yuk simak berita berikut ini!

pisang,buah
Pisang (thinkstock)
 

1. Pisang

Pisang membantu pengurangan risiko stroke dan penyakit jantung, makanan yang mengandung kalium dan natrium tertinggi. Memakan satu atau dua buah pisang sehari akan membantu mengembalikan kadar gula darah.

2. Biji bunga matahari yang tidak diasinkan
Salah satu sumber magnesium terbanyak. Seperempat mangkuk biji bunga matahari cukup menjadi camilan bergizi bagi tubuh.

3. Dark chocolate
Sebuah studi yang dipublis di Journal of the American Medical Association bulan Juli 2007 menyatakan bahwa memakan sedikit dark chocolate setiap hari membantu menurunkan tekanan darah. Makanan ini mengandung flavanol, yang dapat meningkatkan beberapa faktor risiko kardiovaskular yang penting dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Flaxseed tanah
Coba campurkan flaxseed ke hampir semua makanan yang Anda konsumsi. Biji-bijian ini mengandung serat dan dapat membantu diet Anda (jika Anda sedang dalam program diet). Biji-bijian ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan kaya akan omega-3 asam lemak yang melawan peradangan dan infeksi.

5. Bayam
Bayam rendah kalori, tinggi serat, mengandung nutrisi yang baik bagi jantung (kalium, foliate, dan magnesium). Bayam adalah kunci utama menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

6. Tomat
Kaya akan likopen dan antioksidan lainnya yang penting membantu menurunkan tekanan darah. Menjalankan diet dengan makanan yang mengandung kalium terbukti menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dan tomat adalah sumber kalium.

7. Bawang putih
Membantu menurunkan kolesterol dan bagus untuk membantu memerangi hipertensi karena mengencerkan darah. Menghasilkan allicin, senyawa antibakteri dan anti-jamur, ketika dicincang. Bawang putih dapat membantu melawan banyak penyakit akibat hipertensi; stroke dan penyakit jantung.

8. Susu skim
Susu skim baik untuk jantung karena mengandung kalsium, kalium, dan vitamin D. Ketiga nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dari tiga hingga sepuluh persen.

9. Kacang kedelai
Ketika kekurangan asupan kalium, tubuh akan menetapkan kadar sodium dan terlalu banyak sodium menaikkan tekanan darah. Ketika asupan kalium tinggi, tubuh menghilangkan sodium, menjaga tekanan darah rendah. Kacang kedelai mengandung cukup kalium dan juga isoflavones, yang membantu menurunkan tekanan darah.

10. Gandum
Gandum adalah sumber serat, magnesium, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk mempertahankan diet sehat dan juga menyeimbangkan diet. Mengonsumsi makanan berserat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengunsumsi gandum, disarankan untuk mengonsumsi buckwheat dan millet karena tinggi kalium.

 



http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/08/sepuluh-makanan-untuk-tekanan-darah-tinggi
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image