Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang

Menguak Lingkaran Batu Misterius di Timur Tengah

Author : Administrator | Senin, 03 November 2014 10:53 WIB
Sumber: Viva News


Batu misterius di Yordania

VIVAnews - Struktur batu misterius ditemukan di kawasan Timur Tengah. Batu-batu tersebut saling berjajar sehingga membentuk lingkaran yang cukup sempurna.

Hal tersebut membuat para arkeolog ingin mengungkap sejarah dibalik berdirinya batu-batu itu. Seperti yang dilakukan oleh David Kennedy dari University of Western Australian.

Kennedy memimpin proyek Aerial Archaelogy in Jordan (AAJ), yang menyatakan bahwa lingkaran batu ini mempunyai informasi penting yang belum terungkap. Sebelumnya dikatakan bahwa batu-batu misterius tersebut ditemukan pertama kalinya pada tahun 1920 yang dikatakan sebagai kandang untuk hewan-hewan.

Namun, AAJ meragukannya. Menurut mereka tidak mungkin batu tersebut difungsikan sebagai kandang karena terdapat struktur batu yang lebih rendah. Terlebih lagi para manusia zaman dahulu akan kesulitan memasangnya. Pasalnya jika harus menjaga hewan mereka perlu melompati dinding batu untuk keluar atau masuk.

"Dilihat secara lanskap, batu-batu misterius di Timur Tengah ini berserakan dengan rapi. Ini dibangun secara melingkar. Sebagian besar lingkaran ini belum tepat, namun terlihat bentuknya geometris," ujar Kennedy dikutip dari lamanAmerican Live Wire, Senin 3 Oktober 2014.

Untuk memahami dan mengungkapkannya, para arkeolog AAJ ini mengambil gambar dari udara dengan resolusi tinggi. Hasilnya, mereka mengklaim batu-batu tersebut telah tersusun secara melingkar hampir lebih dari 2.000 tahun. Pada saat itu, manusia belum belajar menulis.

Selain itu, mereka juga berpendapat bahwa lingkaran batu ini mempunyai diameter lebih dari 1.300 kaki. Kemungkinkan batu-batu ini digunakan sebagai situs pemakaman para leluhur. Namun, pernyataan tersebut masih diragukan karena mereka belum mengungkap fakta mengenai bukti penggunaan dari batu-batu tersebut ketika awal dibangun.





http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/554189-menguak-lingkaran-batu-misterius-di-timur-tengah
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image