Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang

Katak Menari Ditemukan di India

Author : Administrator | Sabtu, 10 Mei 2014 12:44 WIB
Sumber: National Geographic

Para ilmuwan menemukan 14 spesies baru 'katak menari' di hutan kawasan selatan India.

katak menari
Foto: BBC Indonesia

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka menemukan spesies 'katak menari'. Tepatnya, 14 spesies baru katak menari ditemukan di hutan kawasan selatan India. 

Spesies baru ini disebut katak menarikarena sering menendangkan kaki selama musim berkembang biak untuk menarik perhatian binatang ampibi betina ini.

Para peneliti India mengatakan sekitar 80 persen katak ini ditemukan di luar kawasan yang tidak dilindungi dan karena itu jumlahnya berkurang dalam 12 tahun terakhir antara lain karena habitatnya rusak. 

Dengan temuan ini, jumlah spesies katak menari yang ditemukan sejauh ini menjadi 24.

Penelitian itu diterbitkan di Ceylon Journal of Science.

"Seperti layaknya film Hollywood, ada rasa gembira dan juga sedih. Di satu sisi, kami menemukan katak indah ini. Namun 80 persen ditemukan di luar kawasan yang dilindungi dan di sejumlah tempat, seolah alam sendiri menangis," ujar ilmuwan yang memimpin penelitian, Sathyabhama Das Biju, dari Universitas Delhi kepada AFP.

Katak berukuran kecil ini dapat dengan mudah terseret arus sungai di pegunungan. Sementara musim berkembang biak hanya terjadi satu kali di saat air sungai surut, kata Biju.

"Dibandingkan katak lain, spesies ini sangat sensitif terhadap habitat sehingga perubahan apapun akan bertambah buruk."

"Pada tahun 2006, terdapat sekitar 400 sampai 500 ekor saat musim berkembang biak. Namun setiap tahun semakin berkurang dan bahkan sangat sulit untuk menangkap 100 ekor sekalipun," tambahnya.


http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/05/katak-menari-ditemukan-di-india

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image