Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Kajian Hortikultura
Universitas Muhammadiyah Malang

Ilmuwan: Umur Maksimal Manusia 120 Tahun Saja

Author : Administrator | Kamis, 23 Oktober 2014 10:37 WIB
Sumber: Viva News


Ini mematahkan teori bahwa manusia bisa hidup sampai umur 500 tahun.

Ilustrasi orang tua
VIVAnews - Jumlah orang yang hidup di atas umur 100 tahun telah meningkat menjadi 71 persen dalam 10 tahun terakhir. Namun jangan berharap akan hidup lebih lama karena itu tidak akan terjadi.

Berbicara di konferensi gerontology, Profesor Sir Colin Blakemore mengatakan bahwa ada batasan bagi usia manusia. Tergantung dengan usia badan, menurutnya, kemungkinan manusia bisa hidup sampai umur 120. 

Sir Blakemore kini berusia 70 tahun. Dia adalah neurolog asal Inggris dan mantan CEO Dewan Riset Medis di negara tersebut. Angka itu merupakan batasan absolut yang bisa dia prediksi.

Menurut Blakemore, dan diamini oleh para ilmuwan di konferensi tersebut, obat memiliki efek terbatas untuk memperpanjang umur manusia. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki kualitas hidup yang bagus dan menjaga kesehatan di masa tua, ketimbang bergantung pada obat untuk memperpanjang usia.

2014 Global AgeWatch Index membuat daftar 96 negara dengan kualitas hidup bagi para orang tua. Baru-baru ini index tersebut juga menunjukkan bahwa pada 2050 nanti, jumlah orang tua berumur di atas 61 tahun akan berjumlah 21 persen dari total populasi.

Angka ini lebih dari prediksi sebelumnya yang hanya mencapai 12 persen. Sedangkan proporsi orang tua yang hidup di atas umur 80 tahun tumbuh dengan cepat. Diperkirakan angka ini naik dari dua persen menjadi empat persen dari populasi global di 2050.

Index yang dibuat Blakemore ini mematahkan teori yang dibuat oleh Dr Pankaj Kapahi. Mereka percaya jika manusia bisa hidup lebih lama lagi, bahkan hingga 500 tahun.

Kapahi percaya, terobosan di dunia sains di masa depan berpotensi memanjangkan usia manusia sampai empat atau lima kali lipat. Dia membuat teori ini setelah meneliti dua gen cacing Caenorhabditis elegans di lab-nya. Dia berhasil meningkatkan usia hidup cacing tersebut menjadi lima kali lipat lebih lama.

Centenarian 

Manusia Centenarian, atau yang hidup di atas 100 tahun memang meningkat sejak tahun 1980. Saat ini ada sekitar setengah juta orang yang hidup di atas umur 90 tahun, tinggal di Inggris.

Dari angka tersebut, sebanyak 14.000 orang berusia lebih dari 100 tahun. Angka ini meningkat ketimbang tahun 1980 yang hanya 2.500 orang.

Ada juga mereka yang berusia 105 tahun dan masih hidup. Jumlahnya sekitar 710 orang. Sepuluh tahun lalu, angka mereka yang hidup di usia 105 tahun hanya 340 orang.

Data National Statistics Inggris menunjukkan bahwa harapan perpanjangan hidup telah meningkat. Jumlah wanita yang ada di dunia rata-rata hidup hingga usia 82 tahun sedangkan laki-laki hanya sampai usia 78. Tahun 1980, wanita rata-rata hidup usia 76 tahun dan laki-laki hanya sampai usia 70. (ita)



http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/550774-ilmuwan--umur-maksimal-manusia-120-tahun-saja
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image